Beranda Perkuliahan

Perkuliahan

Perkuliahan di Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi diberikan oleh para dosen yang telah berpengalaman di bidang kefarmasian. Teori yang disampaikan dalam perkuliahan merupakan dasar bagi mahasiswa dalam melakukan praktikum di laboratorium. Berikut adalah beberapa mata kuliah yang diberikan di Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi :

  1. Farmasetik
    Mempelajari dan membahas tentang tata cara pembuatan pulvis dan pulveres, sediaan cair seperti lotio, suspense dll.
    Mengasah keterampilan dalam membat sediaan cair sesuai dengan resep dokter, formula baku dan menyerahkannya dalam kemasan yang cocok
  2. Farmakologi
    Membahas dasar-dasar farmakologi dan contoh contoh sediaan obat yang banyak digunakan di Indonesia.
    Memahami penggolongan dan specialite obat-obat termasuk nama generik dari sediaan obat tersebut
  3. Fitokimia
    Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar untuk memahami bagian dari  tumbuhan serta bagaimana cara isolasi dan ekstraksi senyawa yang terdapat dalam bahan alam untuk dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku obat herbal terstandar.
  4. Dan mata kuliah lainnya

Semua mata kuliah yang diberikan berdasarkan kurikulum Depkes tahun 1997 di mana semua pengetahuan  tersebut sangat dibutuhkan oleh dunia industri farmasi dan rumah sakit serta instansi farmasi lainnya. Demi mengikuti kemajuan teknologi, perkuliahan di Akademi Farmasi Dwi Farma pun ditunjang dengan fasilitas penggunaan in-focus dalam pemberian mata kuliah.