Beranda Praktek Laboratorium Laboratorium Farmakologi

Laboratorium Farmakologi

Ilmu farmakologi adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari aspek farmakokinetik dan farmakodinamik suatu obat dalam tubuh.

Laboratorium Farmakologi merupakan Laboratorium aplikasi pemakaian dan efek obat secara langsung terhadap hewan uji seperti tikus dan mencit putih dari galur wistar dikarenakan fisiologis hewan tersebut identik dengan fisiologis tubuh manusia, Kelinci, Nyamuk untuk uji anti repelentia (efek pengusir nyamuk), larva udang atau larva nyamuk untuk uji larvisida. Beberapa uji yang dapat dilakukan diantaranya : uji efek antidiabetes, diuretik, antipiretik, laksative, efek depresan dan antidepresan, antidiare, uji reppelent dan larvasida serta uji aktivitas biologis lainnya.

Dalam pengujian antidepresan dan depresan digunakan hewan mencit atau tikus putih dan juga menggunakan alat :  Rortary Road , Swimming pool test, dan Hot Plate Test.

Dengan adanya laboratorium ini, mahasiswa bisa melihat secara langsung aspek farmakokinetik dan farmakodinamik suatu obat. Serta dapat dengan jelas memahami bagaimana efek samping dari suatu obat.