Beranda Praktek Laboratorium Laboratorium Fitokimia

Laboratorium Fitokimia

Fitokimia merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang isolasi atau pemisahan serta ekstraksi zat aktif yang ada pada tanaman mengunakan metoda kimia.

Kegiatan laboratorium ini meliputi analisis makroskopis dan mikroskopis,  screeening fitokimia, pemeriksaan kadar senyawa aktif, isolasi dan identifikasi metabolit sekunder serta penetapan paramater standar ekstrak dan simplisia tanaman obat. Semua kegiatan ini dalam dunia farmasi bermanfaat untuk mencari zat aktif yang ada pada tanaman untuk diolah lebih lanjut menjadi sediaan fitofarmaka dan sediaan herbal.

Laboratorium Fitokimia lebih bersifat aplikatif di mana pada laboratorium ini mahasiswa dituntut untuk mengetahui bagaimana cara memisahkan berbagai jenis zat berkhasiat serta bagaimana cara menganalisisnya. Praktikum yang bisa dilakukan di sini di antaranya : maserasi, perkolasi, soxhletasi, destilasi baik destilasi normal ataupun destilasi vakuum, kromatografi  (Kromatografi lapis Tipis, Kromatografi kertas dan Kromatografi kolom), serta rotary evaporator.