Beranda Praktek Laboratorium Laboratorium Resep

Laboratorium Resep

Laboratorium ini merupakan Laboratorium Ilmu Dasar Kefarmasian yang berfungsi sebagai tempat pelaksanaan praktikum mahasiswa yang terkait dengan mata kuliah Farmasetika. Dalam Praktikum di Laboratorium Resep ini, mahasiswa di tuntut untuk mampu membaca formula, menimbang bahan baku serta mencampurkan bahan-bahan tersebut menjadi suatu sediaan farmasi. Mahasiswa juga dituntut disini untuk mampu menyelesaikan pembuatan obat hingga siap untuk dikemas.

Sebagai seorang calon tenaga teknis kefarmasian, mahasiswa dengan praktek di laboratorium ini  diharapkan bisa melakukan penyerahan obat kepada pasien serta kepada orang yang berkepentingan dengan seksama dan benar.

Saat ini Laboratorium resep sedang melakukan pengembangan lebih lanjut menjadi :

  1.  Laboratorium Resep Steril, Untuk melatih mahasiswa membuat dan mengerjakan sediaan yang harus diserahkan dalam keadaan steril.
  1.  Laboratorium Resep Apotek, Dirancang sedemikian rupa hingga menyerupai bentuk sebuah apotek mini. Dalam praktek nya, mahasiswa dituntut untuk mempraktekan segala kegiatan layaknya disebuah apotek. Mulai dari menerima resep, menghitung harga, mengemas serta memberi etiket dan menyerahkan kepada pasien lengkap dengan penjelasan aturan pakainya.
  1. Laboratorium Teknologi Farmasi, Dibuat untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa, bagaimana gambaran Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) disebuah industri farmasi.