S1 Menarik, Tapi D3 juga Keren, Pilih yang mana ya?

 

Hai, adik-adik yang sudah lulus UN. Apakah masih bingung memilih perguruan tinggi?

Salah satu hal yang sering meragukan adalah mau pilih kuliah jenjang Diploma atau Strata?

Tak sedikit dari kita lebih memilih S1 daripada D3. S1 itu keren, lebih wah, pokoknya yang namanya kuliah itu ya S1. Tapi tahu gak Adik-adik,,Kenyataannya, D3 itu punya banyak keunggulan dari s1, lho. Kenapa? Apa sih untungnya kita memilih D3 ketimbang S1? Yuk, kita lihat penjelasan berikut.

Kuliah Lebih Cepat dan Lebih Murah

Siapa sih yang ga pengen cepat lulus trus cepat bekerja, dan udah gitu biaya kuliahnya murah? Nah, inilah keunggulan pertama kuliah D3. Jika kita lihat dari segi waktu, D3 itu hanya membutuhkan waktu 3 tahun kuliah, setelah itu kita langsung bekerja, dapat duit dan bisa bantu orang tua. S1? S1 itu rata-rata membutuhkan waktu kuliah 4 tahun. Itu juga kalau lancar-lancar aja ya. Biasanya skripsi akan membuat masa kuliah melebihi 4 tahun. Dan jangan salah, ada beberapa bidang S1 yang membutuhkan masa kuliah sampai 5 atau 6 tahun karena adanya tuntutan melanjutkan ke jenjang profesi, tanpa dilanjutkan maka mereka akan sulit bersaing di dunia kerja.

Namun, hal ini tidak akan menjadi penghalang bagi adik-adik yang tidak mempermasalahkan lama studi yang lebih lama. Tapi bagi adik-adik yang ingin cepat bekerja lebih baik memilih jenjang D3 terlebih dahulu. Bisa membiayai kuliah sendiri lebih keren, bukan? Saat teman-teman yang sedang menempuh s1 masih berkutat dengan buku dan berbagai macam ujian, adik-adik yang mengambil D3 sudah bisa menikmati dunia kerja 1 tahun lebih cepat. Selain itu, adik-adik yang memilih D3 juga akan memiliki pengalaman kerja 1 tahun di saat teman-teman yang s1 baru saja mau mulai mencari kerja.

Kenapa D3 lebih murah? Pertama, tentu saja uang semester D3 lebih murah daripada s1 karena biaya operasional s1 yang lebih tinggi daripada D3. Selain itu, masa studi yang lebih singkat akan mengurangi biaya kuliah dibanding S1. Jadi, memilih D3 akan lebih hemat dalam segi biaya. Ya, kan?

Materi Studi aplikatif sehingga lulusan mudah diserap dunia kerja

Dilihat dari kurikulumnya, Pendidikan D3 memiliki bobot studi : 60% Praktek dan 40% teori, sehingga lulusannya memiliki skill yang spesifik untuk menjadi tenaga terampil yang matang dalam dunia kerja. Berbeda dengan S1, kurikulumnya memiliki bobot studi : 40% Praktek dan 60% teori. Intinya, lulusan D3 memiliki kemampuan yang lebih aplikatif untuk bekerja karena lulusan D3 sudah dibekali dengan materi praktek yang lebih banyak saat kuliah. Lulusan D3 tidak terlalu teoritis seperti lulusan s1 yang memang disiapkan untuk pengembangan riset atau penelitian dengan dasar teorinya tersebut.

Jadi, Bagi adik-adik yang tidak suka duduk berlama-lama di kelas maka pilihan D3 akan lebih tepat karena prakteknya lebih banyak daripada teori. Sedangkan bagi yang lebih suka menganalisis teori maka tidak masalah jika memilih s1. Berbekal ilmunya yang lebih aplikatif, tentu saja di dunia kerja nanti lulusan D3 akan lebih banyak diminati dan lebih cepat diserap.

D3 sebagai strategi

kuliah jenjang D3 bisa menjadi sebuah strategi. Maksudya??? Dari awal kita telah membahas “ingin cepat bekerja”. Ada di antara kita karena tuntutan ekonomi maka ia lebih memilih langsung bekerja setelah lulus SMA daripada kuliah yang lama dan menghabiskan banyak biaya. Namun, tahukah adik-adik bahwa jika kita langsung bekerja dengan berbekal hanya ijazah SMA maka kemampuan dan posisi kita di tempat kerja akan sulit berkembang dan tidak menjamin kebutuhan ekonomi terpenuhi.

Jika adik-adik ingin kuliah dengan masa studi lebih cepat dan biaya yang terjangkau, lagi-lagi pilihan D3 adalah jawabannya. Dengan berbekal ijazah D3, adik-adik akan lebih dihargai dalam dunia kerja karena adik-adik memiliki skill spesifik yang telah teruji. Selain itu, di jalur D3 ini adik-adik memang disiapkan menjadi seorang tenaga terlatih, terampil dan siap pakai. Tentunya itu akan meningkatkan posisi dan penghasilan adik-adik.

Selain itu, melalui D3 adik-adik bisa lebih dahulu diterima kerja karena penyerapan D3 yang memang lebih banyak. Nah, saat sudah diterima bekerja, adik-adik bisa melanjutkan ke jenjang S1. Bagi yang beruntung bisa mendapatkan beasiswa dari perusahaan tempat bekerja. Jika tidak, minimal adik-adik bisa membiayai kuliah s1 sendiri tanpa membebani orang tua lagi. Cepat bekerja, sambil bekerja lanjut kuliah, trus naik pangkat deh. Keren kan?

Jadi Bagaimana?? Apakah masih bingung?

Jika adik-adik tidak perlu buru-buru bekerja, punya dukungan finansial yang baik, dan mempunyai minat pada dunia riset dan analisis dengan teori yang lebih dalam, memang lebih baik kuliah S1. Tetapi kalau adik-adik ingin segera bekerja dan tidak memiliki kemampuan finansial yang mapan serta menyukai proses belajar yang didominasi praktek dan skill aplikatif, sebaiknya ambil jalur D3.

Yang tak kalah penting adalah adik-adik harus mulai mengasah softskill seperti kemampuan berorganisasi, public speaking, dll. Selain itu, selama kuliah adik-adik haruslah menabung pengalaman, apalagi pada jenjang D3 dimana adik-adik pastinya dibekali dengan materi praktikum yang intensif sehingga adik-adik memiliki kesiapan yang matang untuk terjun ke dunia kerja. Kedua hal itu, softskill dan pengalaman kerja, dihargai tinggi di dunia kerja. Realitasnya, lulusan D3 dengan segudang prestasi dan dapat membuktikan pengalamannya bisa bernilai tinggi sehingga lebih cepat diterima oleh dunia kerja.

Nah, Kali ini kami akan menginformasikan perguruan tinggi yang mempunyai semua kriteria seperti yang telah kita bahas di atas. Lapangan kerja luas sehingga cepat bekerja? Iya. Sudah dibuktikan oleh lulusan tahun sebelumnya. Hanya dalam waktu 4 bulan setelah diwisuda, 95% lulusannya telah bekerja di berbagai instansi pemerintah maupun swasta yang telah tersebar di Indonesia.

Bisa jadi PNS gak? Banyak lho lulusannya yang telah menjadi PNS. Ada ga yang lanjut kuliah setelah bekerja? Ada donk. Alumni kami bahkan ada yang telah melanjutkan pendidikannya hingga jenjang S2. Apakah biayanya terjangkau dan adakah beasiswa? Sudah lebih dari 150 orang mahasiswa memperoleh beasiswa. Fasilitas kuliahnya bagaimana? Laboratorium lengkap, disediakannya wahana untuk mahasiswa Praktek Kerja Lapangan (PKL), wifi tersedia, pengamanan kampus dilengkapi CCTV 24 jam, adanya sarana olah raga, gedung kampus luas dan nyaman. Apalagi mahasiswa tahun 2016 ini akan disambut oleh gedung kampus baru yang tentunya milik sendiri di atas tanah seluas 4000 m2.

Selain itu, kampus selalu mendukung berbagai kegiatan positif mahasiswa baik secara akademik maupun non akademik. Sehingga telah banyak prestasi yang diraih mahasiswa seperti di bidang kesenian, olah raga, bidang sains seperti menerbitkan jurnal internasional, dll. Keren deh pokoknya! Perguruan tinggi apa itu? AKADEMI FARMASI DWI FARMA BUKITTINGGI.
What??? Farmasi???? Susaaah ah!! Gila aja, kimia bikin pusing! Matematika, hitung-hitungan, susaah!. Eits, jangan salah. Bahkan teman-teman yang dari jurusan ilmu sosial (IPS) pun bisa menjadi mahasiswa di sini. Kimianya ga susah kok. Matematikanya juga gampang. Begini contohnya,

1 Tablet Paracetamol isinya 500 mg. Ruben yang berat badannya 25 kg membutuhkan paracetamol sebanyak 250mg saat demam. Jadi berapa tablet yang dibutuhkan Ruben?
Jawaban: ½ tablet donk. 1 tablet kan 500 mg, jadi kalau butuh 250 mg, ya ½ tablet. Gampang kan?

Tapi, tetap gak mau farmasi ah! Mahaaal !! Tenang,, di Akademi Farmasi Dwi Farma teman-teman tidak perlu khawatir tentang biaya. Selain ada beasiswa, Akademi Farmasi Dwi Farma juga fleksibel dalam masalah keuangan.

Dosennya berkualitas gak? Dosen di Akademi Farmasi Dwi Farma itu aktif-aktif lho! Mereka sering dipercaya oleh Dikti untuk melaksanakan penelitian dan mendapatkan hibah penelitian. Selain itu juga ada dosen yang telah menerbitkan buku farmasi(lihat disini). Pokoknya, teman-teman akan dibimbing oleh dosen-dosen yang pintar. Makanya lulusan Akademi farmasi Dwi Farma juga berkualitas dan diminati di berbagai lapangan kerja.

Mau tau lebih banyak? Kontak Kami
Atau Tanya-tanya langsung ke (0752) 625164
atau SMS ke 081284016452

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here